Cara Cek Garansi HP Samsung dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Garansi HP Samsung – turtransjawa.id. Siapa tidak tahu merk Samsung. Smartphone dengan memiliki layanan after sales terbaik menjadi salah satu faktor orang-orang memilih Samsung sebagai merk ponsel mereka.

Layanan after sales ini salah satunya adalah selama satu tahun penuh. Pengguna brand ini wajib untuk mengetahui cara cek garansi HP Samsung ya.

Untuk mengeceknya wajib dilakukan karena sekarang banyak ponsel pintar dijual di Indonesia tidak memiliki garansi resmi.

Jadi membeli ponsel merk apapun di zaman sekarang perlu berhati-hati. Lalu bagai mana cara cek garansi dari HP? Untuk mengetahuinya silakan dicek dengan beberapa cara yang turtransjawa.id berikan berikut.

Cara Cek Garansi Hp Samsung

Apa itu Garansi HP Samsung

Sekarang Samsung menjadi salah satu brand smartphone terbesar di Indonesia, telah mengeluarkan banyak produk buatannya. Mulai dari smartphone kelas menengah ke bawah hingga smartphone menengah ke atas.

Hal ini juga berbanding lurus dengan beredarnya HP Samsung berstatus black market yang artinya tidak memiliki garansi resmi dari pihak Samsung Indonesia.

Garansi pada sebuah barang elektronik itu bisa dikatakan suatu hal sangat penting. Karena merupakan sebuah jaminan diberikan oleh pihak produsen kepada konsumen.

Jaminan inilah nantinya akan memberikan suatu kepercayaan kepada calon pembeli bahwasanya barang yang akan mereka beli adalah barang dengan memiliki kualitas baik.

Sebab bisa dikatakan sebagai jaminan jika nantinya ada kerusakan bukan berasal dari konsumen.

Sehingga konsumen bisa meminta produsen untuk membantu menyelesaikan masalah kerusakan atau kendala apapun terdapat pada produk sudah dibeli.

Garansi pada ponsel biasanya berupa beberapa kompensasi diberikan oleh produsen kepada ada si pembeli.

Misalnya saja jasa perbaikan, klaim penggantian unit, atau bahkan ada produsen yang memberikan jaminan uang kembali dalam suatu keadaan tertentu.

Tidak dapat dipungkiri juga dengan adanya garansi seperti ini membuat pembeli merasa nyaman karena mereka juga mendapatkan sebuah keuntungan dari pembelian barang yang mereka lakukan.

Dampak untuk produsen pun juga ada yakni menjadikan produk tersebut dipercaya oleh para konsumen yang nantinya dapat menimbulkan kepercayaan dalam jangka panjang.

Untuk cek garansi Samsung sendiri bisa gunakan cara-cara berikut, silakan simak dengan baik.

Baca : Cara Cek Garansi HP Vivo

Cara Cek Garansi HP Samsung dengan Mudah

Cara Cek Garansi Hp Samsung Dengan Mudah

Bagi pemilik ponsel Samsung sudah sepantasnya Anda cek garansi dari HP Anda. Hal ini untuk memastikan bahwa HP Anda miliki memiliki jaminan resmi dari pihak Samsung Indonesia.

Bagaimana caranya? Nah, berikut cara untuk mengecek garansi HP Samsung dengan mudah.

1. Cek Secara Online

Cara pertama yang bisa digunakan untuk cek garansinya adalah secara online. Cara ini bisa dilakukan menggunakan Browser yang terdapat di laptop ataupun ponsel.

  • Pertama silakan cek nomor IMEI Smartphone Samsung Anda, caranya cukup mudah tinggal ketikan *#06#. Setelah itu akan muncul. Silakan dicatat agar tidak lupa atau juga bisa di screenshot.
  • Jika sudah buka browser masuk ke halaman imei.info.
  • Selanjutnya tinggal masukkan nomor ini yang tadi dicatat atau di screenshot ke kolom yang tersedia. Ceklis kolom I’m not robot, jika sudah langsung saja Klik tombol Cek.
  • Nanti akan tertampil berbagai macam informasi mengenai spesifikasinya. Jika sudah tampil seperti itu silakan Scroll ke bawah lalu klik warranty via SN.
  • Sebelum lanjut ke langkah berikutnya perlu juga di cek nomor SN yang terdapat pada ponsel. Caranya seperti mengecek nomor imei. Sebagai informasi nomor SN berada pada bagian bawah.
  • Setelah itu masukkan nomor SN dan klik cek Samsung phone details.
  • Jika sudah di klik maka akan muncul beberapa informasi yang bisa dilihat. Silakan lihat factory warranty till. Informasi tersebut merupakan informasi batas garansi ponsel milik Anda.

2. Cek dengan Kode Rahasia

Cara kedua bisa digunakan untuk mengecek garansinya adalah menggunakan kode rahasia.

Kode rahasia merupakan cara cukup mudah karena tidak perlu memerlukan yang namanya browser untuk mengeceknya. Berikut caranya.

  • Pertama silakan Buka aplikasi telepon.
  • Jika sudah silahkan ketikkan kode *#12580*369#. Lalu klik Panggil.
  • Setelah itu akan muncul sebuah menu rahasia ponsel di layar. Silakan lihat RF cal. RF cal ini merupakan tombol HP Samsung sudah dibeli.
  • Dengan mengetahui tanggal membelinya, Anda bisa memperkirakan sendiri kapan garansi ponsel akan habis. Biasanya sekitar 1 sampai 2 tahun.

Itulah 2 cara mudah untuk cek garansinya. Jika setelah dicek, ternyata tidak ada garansi yang tertera atau nomor IMEI tidak terdaftar, sudah dapat dipastikan ponsel Samsung tersebut bukanlah resmi.

Pemakaian ponsel Black market sangat merugikan. Karena tidak dapat klaim garansi jika ada kerusakan.

Untuk itu, perlu namanya berhati-hati ketika membeli ponsel. Berikut ini, akan diuraikan beberapa tips membeli ponsel agar tidak terjebak membeli tipe Black Market.

Baca : Cara Cek Garansi HP Xiaomi

Tips Membeli HP Samsung Bergaransi

Tips Membeli Hp Samsung Bergaransi

HP Samsung memang merupakan salah satu HP paling diminati di Indonesia. Sehingga tidak heran jika banyak produsen-produsen mencari merk hp ini.

Bahkan ada pula rela membeli BM atau black market agar bisa dijual dengan harga murah yang sudah pasti diminati oleh masyarakat.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ada beberapa tips membeli Samsung bergaransi resmi.

1. Beli Di Samsung Store

Tips paling aman adalah, membeli HP ini di gerai resmi. Di sana, sudah dapat di pastikan kalau ponsel yang dijual memiliki garansi resmi Indonesia.

2. Conter Terpercaya

Selain dijual di store resmi, Smartphone satu ini juga mendistribusikan produknya ke Conter atau toko resmi. Anda bisa cek di web resmi. Biasanya di sana akan tertera beberapa toko yang menjual produk resminya.

Demikian ulasan mengenai cara cek garansi HP Samsung, jika memang Anda membutuhkannya maka silahkan untuk langsung klaim.

Sebab jika masa sudah habis, jelas biaya perbaikan smartphone yang rusak harus ditanggung sendiri alias tidak gratis. Selain sudah cek garansi HP Samsung, pastikan juga nota atau bukti pembeliannya masih Anda miliki.

Tinggalkan komentar