Cara Memperkecil Ukuran Foto dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Memperkecil Ukuran Foto – turtransjawa.id. JPG maupun JPEG merupakan salah satu format gambar yang umum digunakan untuk berbagai keperluan. Kapasitasnya terbilang kecil dan berbeda jika dibandingkan dengan tipe lainnya.

Namun, kadang kala file JPG tersebut terlalu besar dan melebihi kapasitas website. Cara memperkecil ukuran foto JPG pun sangat mudah asal, asal mengikuti berbagai tips dari turtransjawa.id di bawah ini.

Cara Memperkecil Ukuran Foto Dengan Dan Tanpa Aplikasi

Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Aplikasi

Khusus format JPG, terdapat delapan cara umum untuk kompres baik dengan atau tanpa aplikasi, komputer maupun aplikasi android. Semuanya bisa dipilih berdasarkan kebutuhan maupun kemudahan akses.

Berikut ini daftar memperkecil ukuran foto tanpa menggunakan aplikasi.

Baca : Cara Menyembunyikan Aplikasi HP Oppo

1. iLoveIMG

Iloveimg

iLoveIMG merupakan sebuah website khusus kompres selain editing gambar. Di dalamnya, terdapat pula fitur compress dan resize fleksibel sesuai kebutuhan pengguna. Untuk menggunakan iLoveIMG, berikut ini panduannya.

  • Pilih foto yang akan dikecilkan, bisa satu atau beberapa file sekaligus
  • Pilih kotak “Compress Images”
  • Tunggu sistem operasi mengunduh file hingga selesai
  • Pilih “Download” atau “Unduh”
  • Selesai

Sampai di tahap ini, Anda bisa langsung memeriksa perangkat penyimpanan dan menggunakan foto tersebut.

2. TinyJPG

Tinyjpg

Berikutnya ada TinyJPG yang juga merupakan website khusus kompres file JPG. Secara keseluruhan, tool ini sebenarnya sangat sederhana dimana pengguna cukup mengunggah file pilihan, lalu download jika selesai.

Hanya butuh waktu beberapa menit saja, Anda sudah bisa memperkecil ukuran JPG sesuai keinginan. Berikut langkahnya:

  • Pilih opsi “kompres”
  • Pilih file yang ingin diperkecil (satu atau lebih sesuai kebutuhan)
  • Tunggu proses kompres selesai
  • Unduh file
  • Selesai

Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Aplikasi

Jika Anda memang memiliki kebutuhan kompres dalam jumlah besar dan rutin, akan lebih baik menggunakan aplikasi.

Selain memiliki kualitas, menggunakan aplikasi juga lebih aman mengingat banyak website yang mendatangkan malware. Berikut ini daftar aplikasinya.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang paling populer. Bukan hanya membuat desain secara kompleks, aplikasi ini juga sebenarnya bisa bekerja secara sederhana untuk kompres file JPG. Simak langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Adobe Photoshop
  • Pilih File > Open dan klik gambar yang diinginkan
  • Klik File > Export > Save for Web
  • Selesai

Saat pop-up window muncul, bagi pengguna awam mungkin akan kesulitan memahami setiap mode pengaturan yang ada. Sebagai saran, Anda cukup memperhatikan tiga hal penting yaitu Quality, Preset serta Image Size.

Pertama untuk Preset, Anda bisa menggunakan JPG Medium dengan Quality Medium juga. Berikutnya untuk Image Size bisa diatur berdasarkan kebutuhan dan klik tombol Save pada folder yang diinginkan.

Microsoft Point

Microsoft Point

Berikutnya ada Microsoft Point, sebuah aplikasi bawaan langsung dari Windows yang bisa menjadi alternatif kompres foto menggunakan aplikasi. Berikut langkah mudahnya.

  • Buka Microsoft Point
  • Pilih File > open
  • Pilih foto dengan format JPG
  • Klik opsi Resize
  • Atur dimensi sesuai kebutuhan
  • Klik OK
  • Pilih File > Save As > JPG
  • Selesai

Photo & Picture Resizer

Photo & Picture Resizer

Jika Anda ingin mengubah dengan perangkat lebih sederhana seperti smartphone tanpa perangkat, ada beberapa opsi juga yang bisa dipilih. Simak prosedur di bawah ini:

  • Buka aplikasi Photo & Picture Resizer
  • Pilih Select Photos lalu buka file gambar sesuai kebutuhan
  • Pilih dimensi gambar yang tersedia
  • Tunggu proses kompres selesai
  • Download file
  • Selesai

Sampai di tahap ini, buka file download untuk melihat hasil kompres sebelumnya. Beberapa aplikasi biasanya memiliki batas kompres maksimal, jadi tak menutup kemungkinan persentase kompres yang dibuat belum cukup kecil.

Anda bisa mengulang cara serupa untuk memperkecilnya lagi, namun kualitasnya tentu akan berkurang.

Baca : Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

Photo Compress & Resize

Photo Compress & Resize

Photo Compress & Resize merupakan program sederhana yang bisa mengubah file JPG dengan lebih cepat. Namun, terdapat dua istilah yang kerap membuat bingung para penggunanya yakni compress dan resize.

Jika melihat maknanya, Compress dan Resize sebenarnya sama, bedanya terletak pada pemilihan dimensi gambar.

Saat kompres menggunakan file JPG misalnya, pengguna harus mengurangi ukuran file tanpa mesti mengurangi ukuran gambar yang ada. Namun, kualitas gambar tentu harus dipertimbangkan agar tidak rusak.

Terlebih, banyak pengguna harus kompres lebih dari satu kali untuk mendapat ukuran yang diinginkan. Ingin akan berdampak pada kualitas gambar, jadi pastikan berhenti saat distorsi gambar muncul.

Di sisi lain, resize berarti mengubah dimensi gambar lalu mengubah ukuran file yang ada.

Sejumlah aplikasi juga berfungsi agar memperkecil ukuran file bahkan mengizinkan kompres secara otomatis saat pengguna mengubah ukuran foto atau gambar tersebut.

Smush Image Compression and Optimization

Smush Image Compression And Optimization

Smush merupakan plugin khusus untuk membantu pengguna yang ingin kompres gambar berapapun ukurannya langsung melalui website WordPress dengan program sederhana.

Jika plugin telah terpasang dan aktif, pengguna bisa langsung masuk ke menu pengaturan menggunakan dashboard WordPress dan mengaktifkannya secara keseluruhan.

Seperti disebutkan sebelumnya, Smush Image sangat sederhana. Anda cukup membuka pengaturan plugin lalu memeriksa seluruh file di Media Library website WordPress.

Selanjutnya, plugin bakal memberikan notifikasi kepada pengguna berapa banyak file yang akan dikompres.

Setelah itu, pilih opsi Bulk Smush Now di bagian pojok kanan bawah layar. Guna memastikan tak ada file lewat, Anda bisa memilih opsi Re-Check Images yang berada di bagian atas layar.

Jika sudah, terdapat fitur Directory Smush yang bisa membantu Anda kompres file gambar di bagian luas media Library WordPress tadi. Anda bisa memilih file yang ingin dikecilkan dengan menekan Choose Directory.

Short Pixel Image Optimizer

Short Pixel Image Optimizer

Sebagai alternatif plugin lain, Anda bisa memilih Short Pixel Image Optimizer yang dikembangkan khusus untuk memperkecil ukuran gambar.

Kendati plugin ini hanya bisa bekerja untuk mengecilkan gambar, namun Short Pixel juga bisa melakukannya untuk thumbnail. Program sendiri baru bisa diaplikasikan jika telah mendapat API key.

Kabar baiknya lagi, Short Pixel bisa digunakan secara leluasa alias gratis tanpa membeli paket premium. Apabila plugin sudah selesai maka pengguna bisa langsung memilih dimensi untuk unggahan atau keperluan lain.

Sementara untuk API ke Short Pixel Anda bisa memasukkan alamat email guna membuat website WordPress di kolom tersedia.

Selanjutnya pilih teks request key yang berada tepat di sebelahnya. Jika email Short Pixel sudah masuk, ketik kembali ke dalam kolom kosong yang disediakan.

Jika selesai, pilih tombol Validate maka Anda sudah bisa mengakses menu plugin, klik Media > Bulk Short Pixel tepat pada Dashboard. Terakhir untuk pengaktifan pilih Start Optimizing dan manfaatkan seluruh fitur tersedia.

Itulah berbagai cara memperkecil ukuran foto JPG dengan atau tanpa aplikasi. Beberapa website maupun aplikasi bisa mengubah resolusi foto sehingga Anda perlu memperhatikannya.

Dengan atau tanpa aplikasi sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan, baik soal fitur, maupun kemudahan sistem operasi. Anda cukup memilih berdasarkan kebutuhan dan aspek lain seperti risiko.

Tinggalkan komentar