Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus dengan Mudah

Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus – turtransjawa.id. Para pengguna TikTok mungkin pernah mengalami masalah saat video tiba-tiba saja terhapus. Baik itu karena disengaja ataupun tanpa sepengetahuan Anda.

Terlebih, jika konten tersebut sudah diedit dengan baik sementara Anda tak menyimpan cadangannya. Jangan panik duli, karena ada cara mengembalikan video TikTok yang terhapus dan cukup mudah.

Tetapi dengan catatan selama pengguna memahami dan menjalankan setiap prosedurnya yang berlaku.

Ada beberapa alasan kenapa video bisa terhapus dari akun seseorang, salah satunya pendeteksi umur dimana pengguna belum memenuhi syarat yakni 13 tahun.

Pengguna di bawah usia tersebut secara otomatis tidak dapat mengunggah video lantaran belum mencapai batas minimal dan perlu pengawasan orang tua.

Sebab lain karena kesalahan dalam proses penyuntingan hingga membuat konten harus di-take down, atau muatan tidak seharusnya. Namun ada beberapa hal bisa mengembalikan video TikTok yang terhapus tersebut.

Cara Mengembalikan Video Tiktok

Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus paling Simpel

Terlepas dari berbagai sebab tersebut, bukan berarti pengguna tidak bisa mendapatkan videonya kembali. Aplikasi ini pada dasarnya telah dikembangkan dengan sistem proteksi khusus guna mengamankan data atau video penggunanya.

Berikut ini langkah mengembalikan video TikTok yang terhapus dengan mudah dan cepat.

  • Masuk ke akun TikTok dan buka bagian profil.
  • Pilih opsi “Privacy and Settings” dan pilih lagi “Report a Problem“.
  • Pilih opsi “Account Issue“.
  • Isi alamat email sesuai permintaan aplikasi yang sudah digunakan membuat akun sebelumnya.
  • Baca kolom informasi mengenai masalah paling umum bagi pengguna TikTok.
  • Semakin akurat dan jelas tulisan maka semakin baik pula respons nantinya.
  • Pilih “Kirim” jika selesai lalu tunggu tim support memberi jawaban melalui email.

Sampai di tahap ini, Anda cukup menunggu respons langsung dari pihak TikTok Indonesia. Laporan tersebut akan dianalisis dari laporan untuk pemeriksaan akun secara menyeluruh namun tetap merujuk pada prosedur seharusnya.

Berapa Lama Video TikTok Kembali setelah Pembuatan Laporan?

Berapa Lama Video Tiktok Kembali Setelah Pembuatan Laporan

Sebenarnya, durasi atau estimasi tim support menjawab respons tak bisa ditentukan. Mendapat jawaban cepat sebenarnya merupakan keberuntungan khusus yang tidak mudah diperoleh.

Namun jika mendapatkannya, ada sejumlah panduan maupun persyaratan yang mesti dipahami yaitu:

  • Tim support bakal mengirim pesan khusus melalui email, umumnya berisi subject “Video Export” yang dikirim langsung menggunakan alamat email [email protected] dengan nama akun TikTok.
  • Isi email merupakan pemberitahuan terkait link guna mengunduh kembali konten yang sudah dihapus sebelumnya. Link ini hanya bis diakses paling lambat selama 30 hari sejak email diterima.
  • Dilarang keras untuk menyebarluaskan link yang dikirimkan, lantaran bersifat pribadi. Jika link tak bisa dibuka maka cobalah mengganti dengan media player lain maupun dihubungi TikTok menggunakan menu “Report a Problem“.
  • Buka file lampiran berisi lin, jika video terhapus dalam jumlah banyak maka file akan berisikan sejumlah yang sudah terhapus.
  • Copy seluruh link terlampir lalu paste pada bagian kolom didownload di ekstensi chrome yaitu Tab Save. Jika belum tersedia, Anda bisa install lebih dulu eksistensi chrome yang ada.
  • Pilih tombol atau ikon panah terbalik dan tunggu sampai proses unduh selesai. Semakin banyak link pada konten maka semakin lama pula proses nantinya.
  • Pastikan jika seluruh video tidak ada yang gagal.
  • Tunggu hingga semua video terhapus kembali di akun Anda.

Sebelum mengetahui seluruh prosedur di atas, Anda harus memastikan jika konten memang terhapus dengan sendirinya bukan dihapus dengan sengaja.

Atau pada beberapa kasus dimana pengguna lupa sudah menghapus konten mereka. Jika selesai, isi kolom masalah dengan kalimat baku yang sopan sekaligus mudah untuk dipahami.

Lebih baik untuk tidak menggunakan kata gaul atau bahkan sulit dimengerti untuk mengembalikan video TikTok tersebut, karena besar kemungkinan laporan tak akan direspons.

Penyebab Video TikTok bisa Terhapus

Penyebab Video Tiktok Bisa Terhapus

Seperti beberapa penjelasan sebelumnya mengenai sebab video TikTok terhapus yakni batasan usia, atau pelanggaran pada konten.

Konten terhapus secara tiba-tiba memang besar kemungkinan langsung dari pihak pengembang itu sendiri, lantaran dinilai tidak sesuai dengan pedoman tercantum.

Namun di sisi lain, masalah pada perangkat ponsel juga bisa menjadi penyebabnya. Misal, reset pada ponsel atau pembaruan pada akun.

Kedua masalah ini juga bisa menyebabkan konten terhapus dan bukan dari pengembang, sehingga pembuatan laporan tidak bisa menjadi solusi.

Perlu diketahui, jika TikTok mempunyai pedoman khusus komunitas di platform mereka, gunanya, untuk melindungi aplikasi media sosial mereka secara keseluruhan dan melindungi pengguna dari konten atau hal lain yang tidak seharusnya.

Aplikasi asal Tiongkok ini sebelumnya juga sudah membuat postingan khusus mengenai dasar penghapusan konten secara lebih spesifik.

TikTok dalam hal ini memberikan penjelasan detail kenapa mereka memutuskan menghapus sebuah video berdasarkan pedoman yang sudah disepakati sebelumnya.

Pengembang dalam hal ini berupaya untuk meningkatkan transparansi, serta pendidikan mengenai pedoman komunitas sekaligus untuk mengurangi kesalahpahaman pengguna.

Situasi ini memang kerap terjadi, terlebih jika pengguna sejak awal tidak memahami sebab hilangnya konten mereka. Berikutnya, pengguna bakal mendapatkan notifikasi pesan berisi tentang penjelasan penghapusan

Deskripsi ini menjadi dasar penegakan pedoman, sekaligus menghindari kesalahan sama terulang dilakukan oleh pemilik akun lainnya.

Jika melihat riset pada aplikasi TikTok, angka penghapusan video hingga akun sering terjadi karena kesalahan sama entah disengaja maupun tidak oleh para pengguna.

Dengan begitu, pemahaman para pengguna bisa lebih meningkat mengenai konten positif yang tidak menyinggung pihak manapun atau konten tak pantas.

Namun, dalam hal ini TikTok juga menerima keluhan jika ada pengguna merasa konten buatannya sama sekali tak melanggar pedoman. Pemilik akun bisa melakukan klaim khusus dan meminta pengembalian video.

Anda tentu harus memastikan jika video yang terhapus tidak melanggar pedoman terkait, karena jika ia maka sudah jelas laporan tidak akan ditindaklanjuti berupa deskripsi penolakan dan alasan detail.

Pedoman Umum TikTok

Pedoman Umum Tiktok

Pengembang dalam panduan komunitasnya menyebutkan banyak hal terkait etika postingan. Salah satunya, dengan melindungi pihak atau muatan tertentu dalam setiap video yang diunggah.

Aplikasi mengantisipasi atribut yang dilindungi, sekaligus mendefinisikan ujaran maupun perilaku kebencian pada konten terlihat mengancam, menyerang, menghasut pada kekerasan maupun melakukan dehumanisasi bagi individu.

Adapun atribut yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Etnis dan ras
  • Asal kebangsaan
  • Agama
  • Kasta
  • Gender
  • Orientasi seksual
  • Jenis kelamin
  • Identitas gender
  • Status keimigrasian
  • Disabilitas
  • Penyakit serius

Melalui daftar di atas, TikTok bermaksud melindungi atribut minoritas yang selama ini kerap menjadi bahan bercandaan atau bahkan penyerangan.

Berbagai aspek tersebut tak hanya akan menimbulkan ketersinggungan namun juga konflik berkepanjangan pada kasus serius. Penegakan pedoman akan membantu setiap pihak terhindar dari risiko tersebut, baik pada pemilik akun, atribut hingga pihak pengembang itu sendiri.

Pengguna pada aspek ini diharap lebih bijak dalam menggunakan media sosial, yang bisa berdampak buruk. Pun jika penghapusan di luar dari pelanggaran maka Anda berhak atas laporan untuk mendapat penjelasan.

Untuk cara mengembalikan video TikTok yang terhapus sebenarnya lebih memakan waktu dalam proses pengajuan, sehingga Anda harus bersedia menunggu respons dari TikTok.

Tinggalkan komentar