3 Cara Reset HP Samsung tanpa Ribet ke Pengaturan Pabrik

Cara Reset HP Samsung – turtransjawa.id. Pada saat penggunaan HP Samsung dalam waktu cukup lama, biasanya akan muncul beberapa masalah. Apalagi jika memang pengguna bukan orang yang terlalu peduli dengan perawatan HP.

Biasanya, masalah yang terjadi adalah seperti kinerja lambat, sering restart sendiri, memori full, dan lain sebagainya. Apabila hal tersebut sudah terjadi, maka reset HP Samsung ke pengaturan pabrik bisa jadi solusinya.

Pertanyaannya, apakah Anda sudah mengetahui cara melakukan reset HP Samsung tersebut? Memang hal ini terbilang cukup sederhana. Namun, masih terdapat banyak orang yang belum mengetahui tentang informasi tersebut. Nah, apabila Anda termasuk orang yang belum mengetahuinya, maka langsung saja cari tahu info selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

Cara Reset Hp Samsung Tanpa Ribet Ke Pengaturan Pabrik

Pengertian Factory Reset

Factory reset merupakan sebuah fitur yang dapat digunakan untuk mengembalikan setelan smartphone Anda seperti saat baru keluar dari pabrikan. Dengan kata lain, kondisi smartphone mulai dari data, foto, video, serta pengaturan yang sudah diaplikasikan pada HP akan hilang kembali seperti pertama digunakan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengatur ulang HP Anda, ada baiknya untuk melakukan back up atau pencadangan data terlebih dahulu. Dengan begitu, semua data penting di dalam smartphone dapat diamankan.

Cara Reset HP Samsung ke Pengaturan Pabrik tanpa Ribet

Setelah mengetahui pengertian factory reset, selanjutnya akan dibahas tentang bagaimana cara melakukannya. Untuk melakukan pengaturan ulang HP Samsung, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan.

Jadi, Anda dapat pilih saja cara mana yang sesuai dengan kondisi smartphone. Nah, berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk reset HP Samsung.

1. Melalui Menu Pengaturan/Settings

Pertama, Anda dapat reset HP Samsung dengan menggunakan menu pengaturan. Cara ini dapat dilakukan dengan sangat mudah karena memang fitur tersebut sudah ada di smartphone. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, masuklah ke menu Pengaturan HP Samsung.
  • Setelah itu, carilah “General Management” dan pilih.
  • Kemudian, pilihlah menu “Reset”.
  • Pilih “Factory Data Reset”.
  • Selanjutnya pilih “Reset Device”.
  • Beberapa menit kemudian, Anda akan masuk ke Android recovery.
  • Pilihlah menu “Wipe Data”.
  • Apabila ada permintaan konfirmasi wipe data, pilih saja “Ya”.
  • Tunggu sebenar sampai proses selesai dilakukan.
  • Berikutnya, secara otomatis perangkat akan melakukan reboot.

2. Lewat Mode Recovery

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan mode recovery. Langkah pada metode ini kurang lebih sama dengan lewat menu pengaturan. Hanya saja, cara masuk ke recovery mode dilakukan dalam kondisi HP mati. Oleh karena itu, umumnya mode recovery ini digunakan pada saat kondisi perangkat mengalami kerusakan seperti boot loop, lupa password, ataupun hard brick.

Berikut adalah langkah-langkah untuk me-reset menggunakan recovery mode:

  • Sebelum melakukan cara ini, pastikan bahwa daya baterai perangkat paling tidak 70%. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terhadap hal yang tidak diharapkan.
  • Jika sudah, maka berikutnya tinggal matikan saja ponsel
  • Berikutnya, tekanlah Volume Up button + Home button + Power button bersamaan dan tahan beberapa saat.
  • Setelah itu, Anda akan masuk ke dalam mode recovery. Untuk memilih menu, bisa menggunakan volume button. Sementara untuk menjalankan pilihan adalah dengan home button.
  • Pada mode recovery, pilih menu “Factory Reset” dan tekan home button
  • Proses reset akan dimulai. Tunggulah beberapa saat sampai pengaturan ulang pabrikan selesai dilakukan.
  • Kemudian, ketika proses selesai, segera pilih menu “Reboot System Now” untuk melakukan reboot.

Pada saat proses booting selesai dilakukan, maka kondisi HP akan kembali seperti baru. Jadi, saat masuk ke halaman utama, pengguna akan diberikan instruksi untuk melakukan pengaturan waktu, bahasa, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan Kode Reset

Proses pengembalian smartphone ke setelan pabrikan juga dapat dilakukan dengan menggunakan reset code dari Samsung. Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu masuk ke dalam menu dial up. Setelah itu, tinggal masukkan saja kode khusus tersebut dan proses reset akan segera dilakukan secara otomatis. Nah, agar lebih jelas dalam memahami, langsung saja ikuti langkahnya berikut ini.

  • Bukalah menu Telepon
  • Kemudian, buka dial pad seperti melakukan panggilan telepon
  • Setelah itu, masukkan kode *2767*3855#
  • Selanjutnya, tap tombol “Call” untuk menjalankan perintah kode tersebut.
  • Berikutnya, pengguna akan masuk ke menu reset factory.
  • Proses reset akan berlangsung secara otomatis.

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah pastikan bahwa kode yang dimasukkan tepat. Hal itu karena jika ada salah, maka proses tidak akan bisa dijalankan. Selain itu, untuk beberapa varian smartphone Samsung mungkin terdapat perbedaan code. Namun, umumnya code yang tertera di atas adalah yang paling umum untuk digunakan.

Mengapa Harus Melakukan Reset Hp Samsung

Mengapa Harus Melakukan Reset HP Samsung?

Bagi orang awam atau yang tidak begitu paham dengan fitur di smartphone, mungkin banyak yang bertanya tentang mengapa harus melakukan reset. Hal itu sangat wajar terjadi mengingat tidak semua pengguna mengerti tentang fungsi dari fitur tersebut.

Nah, bagi Anda yang mungkin belum tahu tentang fungsi dari melakukan pengaturan ulang ini, maka sebaiknya simak penjelasan berikut ini.

1. Dapat Meningkatkan Performa dan Kinerja HP

Fungsi pertama tentu dapat membuat performa serta kinerja smartphone jadi lebih baik. Lebih baik di sini maksudnya adalah terkait dengan kinerja dalam menjalankan tasking. Semua pengaturan pada saat penggunaan akan kembali ke default saat pengguna me-reset gawai.

Oleh karena itu, kinerja dari perangkat akan menjadi lebih ringan sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik.

2. Menghapus File Sampah

Berikutnya cara ini bisa juga digunakan untuk menghapus berbagai macam file sampah secara mendetail. Biasanya, saat smartphone digunakan, terdapat data-data sisa aplikasi yang tertinggal di explore, meskipun aplikasi tersebut sudah terhapus. Memang, untuk ukuran dari file sampah tersebut terbilang kecil. Akan tetapi, jika dibiarkan lama-lama jumlahnya akan jadi besar juga.

Nah, untuk menemukan file sisa atau sampah tersebut tentu akan memakan waktu jika dicari secara manual dari satu folder ke folder lainnya. Oleh karena itu, daripada membuang waktu, maka cukup dengan mengatur ulang perangkat ke setelan pabrik, semua file sampah tersebut sudah dapat dihapus secara menyeluruh.

3. Mengatasi Infeksi Malware dan Virus

Smartphone terbaru saat ini memang sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk mengalami serangan virus. Apalagi jika perangkat kerap kali digunakan untuk berkunjung ke website-website tidak percaya. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi HP yang sudah telanjur terkena virus?

Jawabannya mudah saja, tinggal lakukan factory reset maka masalah tersebut akan beres. Seperti dikatakan sebelumnya, proses reset akan membuat semua file di dalam smartphone dihapus dan hanya menyisakan APK bawaan saja.

Baca : Cara Merekam Layar HP Samsung

Penutup

Mengetahui cara reset HP Samsung ke pengaturan pabrik ini terbilang sangat penting. Meskipun sederhana cara kerjanya, namun Anda dapat mengatasi beberapa permasalahan dengan cara tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari informasi di atas sebagai pengetahuan dasar pengguna smartphone.