Cara Cek Garansi HP Oppo Untuk Ketahui Masa Garansinya

Cara Cek Garansi HP Oppo – turtransjawa.id. Barang elektronik seperti smartphone memang memiliki garansi. Garansi sendiri adalah sebuah jaminan dari pembeli suatu barang.

Masanya tersebut dari suatu barang pun berbeda-beda, ada yang memiliki dalam sebulan, atau bahkan tahunan. Oppo sebagai salah satu brand HP terkenal di Indonesia, tentunya memberikan masa atau waktu kepada para pelanggannya.

Nah bagi yang menggunakan HP Oppo, maka harus tahu cara cek garansi HP Oppo agar berguna apabila pada saat membeli barang bekas atau 2nd.

Apakah Anda sudah tahu cara mudah untuk cek garansinya? Atau malah belum tahu sama sekali cara untuk mengecek garansi dari smartphone Oppo Anda?

Tenang saja, cek garansinya ini sebenarnya mudah, tapi memang bisa saja ada beberapa pengguna yang tidak tahu. Bagi yang belum tahu caranya bisa simak ulasan turtransjawa.id artikel kali ini akan membahas cara untuk cek garansi dari HP Oppo.

Cek Garansi Hp Oppo

Apa itu Garansi Oppo?

Sudah disebutkan di atas jika garansi adalah jaminan dari pembeli suatu barang. Jadi garansi HP Oppo adalah jaminan untuk Anda yang membeli produk smartphone Oppo.

Dengan jaminan tersebutlah, pembeli bisa mendapatkan layanan perbaikan gratis, jika HP rusak sebelum masa garansinya habis.

Umumnya merk HP ini memberikan masa selama 12 bulan atau 1 tahun. Jadi, misal setelah dua bulan membeli HP, dan HP rusak setelah dua bulan dibeli, maka Anda bisa mengklaim garansinya.

Sebab garansinya belum hangus. Tapi jika kerusakan HP baru muncul setelah lebih dari satu tahun pemakaian, maka garansinya tidak dapat diklaim.

Sehingga jika smartphone rusak setelah masa jaminan berlalu, maka untuk biaya perbaikan harus ditanggung sendiri. Apakah Anda masih mengingat masa garansi smartphone Oppo Anda?

Jika memang lupa, maka bisa menggunakan beberapa cara mudah berikut ini untuk cek jaminannya.

Baca : Cara Mengedit Video di Capcut

Cara Cek Garansi HP Oppo dengan Mudah

Cara Cek Garansi Hp Oppo Dengan Mudah

Cara paling akurat untuk cek garansi adalah dengan mengunjungi dan cek melalui situs resmi dari Oppo Indonesia.

Cara menggunakan situsnya tersebut sangat mudah, tapi pertama-tama yang dibutuhkan sebelum mengunjungi situsnya adalah menyiapkan nomor IMEI HP.

Untuk cek IMEI, bisa dilakukan dengan melihatnya di kardus HP. Ya, di kardus smartphone ini tentunya sudah mencantumkan IMEI, baik IMEI 1 dan 2.

Setelah mendapat nomor IMEI, bisa langsung saja kunjungi website resminya dengan cara berikut ini.

  • Buka mesin pencari Google di smartphone
  • Lalu masukan atau ketika alamat website atau situs Oppo, yaitu https://support.oppo.com/id/warranty-check/
  • Setelah masuk ke websitenya, bisa sedikit scroll ke bawah sampai menemukan kolom
  • Kolom ini digunakan untuk memasukan nomor IMEI
  • Cukup masukan nomor IMEI 1 saja dari smartphone Anda
  • Jika sudah memasukkannya, silakan untuk memasukkan kode verifikasi yang ada di bawah kolom IMEI
  • Jika kedua kolom sudah diisi, langsung klik saja ‘Periksa Sekarang’
  • Tunggulah beberapa saat sampai webnya memberikan hasil
  • Nantinya akan ada hasil apakah smartphone masih memiliki masa garansi atau sudah kadaluarsa

Itulah langkah mudah dan cepat dapat dilakukan untuk cek masa garansinya. Jika masih memiliki masanya dan HP rusak maka segera klaim untuk mendapatkan perbaikan gratis.

Sekarang mungkin ada yang bertanya-tanya, apakah mengeceknya menggunakan IMEI?

Jawabannya harus. Lantas bagaimana jika kardus HP hilang sehingga tidak dapat cek nomor IMEI? Tenang saja, ada cara lain dapat digunakan untuk cek IMEI HP Oppo Anda.

Berikut inilah langkah mudah untuk cek IMEI Android.

Cara Gampang Cek IMEI HP Android

Cara Gampang Cek Imei Hp Android

Memang ada baiknya simpan kardus HP Anda dengan baik, sebab di kardus ada beberapa informasi mengenai smartphone tersebut, seperti informasi IMEI.

Bagi yang memang kardusnya hilang atau lupa menaruh kardusnya, maka bisa ikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengecek IMEI HP, khususnya merk Oppo.

  • Pertama silakan untuk langsung saja ke menu Pengaturan
  • Setalah masuk ke menu Pengaturan, bisa pilih dan klik ‘Tentang Telepon’
  • Untuk mengetahui IMEI, pilih saja Status IMEI dan IP
  • Pada menu ini akan ada informasi seputar smartphone Anda, termasuk tentang IMEI 1 dan IMEI 2
  • Jika sudah mendapatkan nomor IMEI, bisa langsung saja kunjungi situs resmi Oppo
  • Kemudian ikuti langkah cek garansi di atas yang sudah dijelaskan

Setelah mengetahui masa garansi, maka ada beberapa hal perlu diketahui tentang kebijakan klaim garansi Oppo. Apa saja kira-kira kebijakannya? Langsung saja ke pembahasan berikut ini untuk mengetahui detailnya.

Kebijakan Garansi Oppo

Kebijakan Garansi Oppo

Tentunya ada beberapa hal yang harus pelanggan ketahui sebelum mengklaim.

Ya, ada beberapa syarat dan kebijakan harus dipenuhi agar bisa mengklaim garansinya, salah satunya adalah dengan membawa bukti pembelian, seperti nota pembelian.

Jika tidak memiliki nota pembelian, maka kemungkinan besar klaim jaminan akan gagal.

Selain itu berikut ini adalah beberapa hal dapat membuat pengguna gagal klaim garansi Oppo.

  • Kerusakannya disebabkan karena kesalahan penggunaan atau penggunaannya tidak benar, seperti jatuh, terpendam, tertekan, pengguna smartphone sampai suhu ekstrem, atau kerusakan terjadi karena penambahan aksesoris, dan sebagainya.
  • Kerusakan disebabkan oleh faktor alam yang tidak sengaja, misal karena banjir, gempa bumi, kecelakaan lalu lintas, kebakaran, dan sebagainya.
  • Terjadi eror pada smartphone karena penggunaan sehari-hari, seperti casing baret, tombol atau layar sentuh eror, dan layar aksesoris.
  • Kerusakan yang diakibatkan karena pembongkaran oleh pihak selain service senter resmi Oppo
  • Pengguna smartphone melakukan modifikasi sistem, rooting, dan modifikasi Costum ROM
  • Masa garansi sudah melewati ketentuan sejak tanggal pembelian dari smartphone tersebut

Itulah beberapa kebijakan yang harus dipatuhi jika ingin mengklaim garansinya. Selain itu, Anda saat akan klaim garansi maka perhatikanlah beberapa hal berikut

  • Stiker IMEI pada kartu garansi tidak boleh rusak
  • Bawalah unit lengkap dari smartphone, mulai dari kartu garansi, aksesoris pembelian, dan bahkan buku panduan
  • Bawa lengkap faktur asli, termasuk bukti pembelian dan stempel penjual
  • Silakan lakukan backup data di smartphone tersebut terlebih dahulu, agar data penting tidak hilang.

Bagaimana apakah semua hal di atas sudah dapat dipenuhi? Jika sudah tak ada salahnya untuk langsung membawa smartphone Anda yang bermasalah ke service center Oppo di wilayah Anda.

Service Center ini sudah banyak tersebar di beberapa wilayah Indonesia, jadi tidak akan sulit untuk menemukannya. Perlu diketahui juga, untuk smartphone Oppo yang dibeli di luar Indonesia, maka tidak bisa klaim garansi di service center Oppo Indonesia.

Baca : Cara Cek Garansi HP Realme

Apakah Perlu Klaim Garansi?

Apakah Perlu Klaim Garansi

Perlu atau tidak perlunya klaim jaminan jelas bergantung kepada kebutuhan Anda. Misal jika memang smartphone rusak dan masih memiliki masa garansi, serta Anda tak memiliki biaya perbaikan maka tidak ada salahnya melakukan klaim garansinya.

Tapi jika memang tidak membutuhkan jaminan atau perbaikan gratis, maka bukan suatu masalah. Biasnya pun service center akan memberikan penawaran untuk menggunakan garansinya atau tidak.

Jadi penting tidaknya jelas bergantung kepada kebutuhan Anda. Jika memang butuh maka langsung saja untuk cek Garansi HP Oppo untuk mengetahui masa garansinya.

Tinggalkan komentar