Cara Cek Garansi HP Vivo dengan Mudah dan Kapan Saja

Cara Cek Garansi HP Vivo – turtransjawa.id. Vivo mungkin sudah tak asing di telinga orang Indonesia. Ya, ini merupakan salah satu merk smartphone yang terbilang cukup terkenal di Indonesia.

Sebagai merk smartphone yang kualitasnya tergolong bagus, maka tak tentunya Vivo selalu akan memberikan terbaik untuk para pembelinya. Salah satunya dengan adanya garansi smartphone.

Cara cek garansi HP Vivo juga pastinya mudah dilakukan. Ya, semua orang jelas mau kemudahan dalam berbagai hal. Vivo pun tak ketinggalan dalam hal tersebut, makanya mengecek pun sangat mudah dilakukan.

Tapi mungkin saja masih ada beberapa yang tidak mengetahui cara mengeceknya. Untuk itu, bagi yang belum paham bisa langsung saja untuk simak ulasan turtransjawa.id tentang cara lengkapnya berikut ini.

Cara Cek Garansi Hp Vivo

Apa Itu Garansi Vivo?

Tentunya sudah banyak yang mengetahui tentang arti garansi. Ya, ini sebuah jaminan yang diberikan produsen kepada para konsumennya.

Garansi sendiri bisa berupa biaya perbaikan gratis jika produk yang dibeli rusak, atau bahkan jaminan uang kembali jika produk rusak.

Tapi perlu diingat, mengklaim jaminan ini tidak dilakukan begitu saja, sebab ada beberapa ketentuan yang berlaku untuk dapat klaim jaminannya.

Nah garansi sendiri merupakan jaminan memang diberikan produsen ponsel ini kepada para pembeli produk HP. Jaminannya berupa biaya perbaikan gratis jika selama masa tertentu terjadi kerusakan pada HP.

Tentunya ada beberapa ketentuan klaim wajib diketahui para penggunanya. Apa saja kira-kira ketentuannya? Mari ketahui terlebih dahulu tentang ketentuan-ketentuannya di pembahasan berikut ini.

Baca : Cara Cek Garansi HP Xiaomi

Ketentuan Garansi HP Vivo

Sama seperti smartphone lainnya, Vivo memiliki berbagai keuntungan wajib diketahui sebelum melakukan klaim jaminan yang diberikan. Langsung saja berikut ini adalah beberapa keuntungannya.

  • Garasinya hanya berlaku untuk pembelian HP secara legal. Jadi bagi pembelian secara ilegal tidak akan dapat diklaim. Pembeli HP di black market merupakan salah satu contoh pembelian secara ilegal.
  • Jika HP dalam kondisi root atau HP dalam kondisi custom ROM maka akan ditolak.
  • Garansi tidak berkurang untuk HP dengan kerusakan penggunaan, seperti layar LCD pecah dikarenakan terjatuh, terkena air, dan kerusakan akibat kelalaian atau kesalahan pengguna lainnya.
  • Jika HP pernah dibongkar sendiri atau diperbaiki sendiri, maka tidak berlaku atau hangus.
  • Jika terjadi kerusakan fungsional, seperti karena masalah kualitas ponsel, pihak Vivo akan memberikan penggantian unit perangkat gratis dalam jangka waktu 15 hari setelah waktu pembelian dan selama 1 tahun.

Itulah beberapa ketentuan wajib diketahui sebelum Anda melakukan klaim untuk perbaikan gratis. Jika memang ponsel rusak bukan karena hal di atas, maka masih memiliki kesempatan untuk diklaim .

Perlu diketahui juga, jika IMEI menjadi salah satu hal penting untuk mengecek garansi. Untuk itu siapakah terlebih dahulu IMEI ponsel sebelum mengeceknya.

Untuk cek IMEI smartphone yang satu ini jelas sangat mudah dilakukan.

Cara Cek IMEI Vivo

Salah satu cara bisa dilakukan untuk mengecek IMEI adalah dengan melihatnya di kardus ponsel. Ya, biasnya di kardus berbagai merk smartphone pasti terdapat IMEI dari perangkat tersebut.

Termasuk kardus pun pastinya ada nomor IMEI dari perangkat Vivo yang Anda gunakan.

Silakan dilihat kardusnya, kemudian catat dengan benar nomor IMEI-nya. Namun jika memang kardus hilang atau mungkin Anda sedang tak di rumah, maka bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk cek IMEI Vivo.

1. Cek IMEI Lewat Menu Pengaturan Ponsel Vivo

Cara lain bisa digunakan untuk cek IMEI adalah dengan melihat IMEInya di pengaturan ponsel. Jadi, silakan ke menu Pengaturan, lalu pilih opsi Tentang Ponsel, kemudian gulir sampai menemukan informasi nomor IMEI.

2. Menggunakan Kode *#06#

Cara selanjutnya yang bisa dicoba dan bahkan mudah sekali dilakukan adalah dengan menggunakan kode *#06#.

Jadi, untuk cara ini silakan Anda ke papan telepon, lalu ketika kode *#06#, dan nomor IMEInya pun akan muncul setelah Anda mengetikkan kode tersebut.

Itulah beberapa cara mudah untuk dapat nomor IMEI dari smartphone Vivo. Setelah mendapat IMEInya, maka sekarang bisa langsung saja lakukan pengecekan garansi dengan cara berikut ini.

Cara Cek Garansi HP Vivo Paling Mudah

Pastikan Anda mencatat dengan benar nomor IMEInya, atau silakan langsung salin saja nomornya. Setelah menyalin, bisa langsung lakukan beberapa langkah cara cek garansi HP Vivo berikut ini.

  • Pertama silakan ke situs resminya di https://www.vivo.com/id/support/IMEI
  • Setelah masuk ke situs resminya tersebut, langsung saja masuk nomor IMEInya pada kotak yang tersedia.
  • Centang pada kebijakan privasi yang ada di bawah kotak atau kolom.
  • Lalu klik Kirim.
  • Tunggulah sampai situs memunculkan atau memberikan informasi seputar masa garansi.

Itulah beberapa langkah mudah jika ingin cek garansi menggunakan situs resmi dari pihak Vivo. Adakah cara lain untuk cek masa garansi? Jawabannya ada.

Ya, Anda dapat cek dengan aplikasi Vivo. Untuk caranya langsung saja simak ulasannya berikut.

Cara Mengecek Masa Garansi dengan Aplikasi Vivo

Bagi yang mau menggunakan cara satu ini, maka bisa langsung saja ikuti beberapa langkah-langkanya sebagai berikut.

  • Pertama pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Vivo.com. Jika belum maka silakan untuk mendownload terlebih dahulu.
  • Bukanlah aplikasinya tersebut, lalu setelah aplikasi terbuka silakan untuk klik Accept and Continue untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
  • Anda akan dibawa ke menu Home, pada menu ini bisa klik Service yang ada di bagian kiri bawah.
  • Lalu klik Vivo Account. Nah Anda pun akan dapat melihat kartu beserta masa atau waktu garansinya.

Bagaimana apakah sekarang Anda sudah mengetahui masa garansi dari smartphone yang Anda gunakan?

Jika memang masih bisa klaim, maka silakan untuk langsung klaim agar mendapatkan perbaikan gratis dari pihak Vivo.

Baca : Aplikasi Remote AC

Datang ke Tempat Service Center Vivo Terdekat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika ingin mendapatkan garansinya berupa berbaikan gratis, maka jangan memperbaiki perangkat sendiri atau melakukan perbaikan di servis HP selain di Service Center resmi Vivo.

Maka dari itu saat HP rusak coba langsung saja datang ke Service Center Vivo untuk mengetahui apakah kerusakan bisa diperbaiki dengan klaim garansi atau tidak.

Service Center tentunya ada di berbagai wilayah Indonesia, jadi silakan datang ke Service Center yang memang ada di wilayah tempat tinggal Anda.

Pastikan juga untuk membawa bukti pembelian atau pembayaran smartphone saat ke Service Center. Sebab tanpa bukti pembelian seperti nota, kartu garansi, maka Anda tidak akan bisa klaim jaminan.

Maka dari itu simpanlah bukti pembayaran dan kartu garansi dengan benar agar tidak hilang saat dibutuhkan.

Itulah beberapa informasi yang bisa disampaikan terkait cek garansi HP Vivo. Semoga bisa membantu Anda yang memang belum tahu tentang cara cek garansi dari merk smartphone yang satu ini.

Tinggalkan komentar