Cara Cek Garansi HP Xiaomi tanpa Ribet dan Proses Cepat

Cek Garansi HP Xiaomi – turtransjawa.id. Mengetahui garansi barang elektronik seperti HP menjadi salah satu hal penting. Sebab dengan inilah Anda bisa melakukan klaim perbaikan gratis jika terjadi kerusakan pada HP tersebut.

Xiaomi menjadi salah satu smartphone yang pasti memberikannya pada setiap pengguna. Bagi pada pengguna, apakah sudah mengetahui cek garansi HP Xiaomi tersebut?

Melakukan pengecekan bukanlah hal sulit, tapi memang tidak semua penggunanya mengetahui hal tersebut. Sebab ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mengetahuinya.

Bagi pemilik HP Xiaomi dan tidak tahu cara cek garansi HP Xiaomi, maka bisa langsung saja simak ulasan turtransjawa.id kali ini yang akan membahas cara mudah cek garasinya.

Cek Garansi Hp Xiaomi

Apa Itu Garansi Xiaomi?

Garansi sendiri merujuk pada jaminan yang diberikan produsen berkaitan dengan kualitas produk. Jadi nantinya jika terjadi masalah, maka pembeli dapat klaim jaminan tersebut untuk melakukan perbaikan terhadap produk yang mereka beli.

Xiaomi sebagai salah satu brand smartphone tidak ingin mengecewakan pelanggannya, tentunya akan memberikan garansi setiap pembeliannya.

Ya, dengan jaminan yang diberikan inilah, dapat melakukan klaim jaminan jika produk yang beli mengalami kerusakan. Jaminan diberikan adalah berupa perbaikan gratis.

Tapi tentunya ada beberapa ketentuan harus dipenuhi jika ingin mengklaim garansinya. Sebab jika tidak sesuai ketentuan yang berlaku, maka jaminan ini tidak akan bisa diklaim.

Sehingga jika terjadi kerusakan, maka Anda harus memperbaiki dengan biaya sendiri.

Lantas apa saja ketentuan harus diketahui jika ingin mendapatkan garansinya? Langsung saja berikut ini adalah beberapa ketentuan wajib diketahui oleh penggunanya.

Baca : Cara Cek Garansi HP Oppo

Ketentuan Perlu Diketahui Untuk Klaim

Ketentuan Perlu Diketahui Untuk Klaim Garansi Hp Xiaomi

Untuk beberapa ketentuan wajib diketahui adalah seperti berikut ini.

  • Tentunya jaminan resmi diberikan hanya berlalu untuk produk Xiaomi yang dibeli secara resmi. Sehingga produk dibeli secara ilegal misal melalui black market maka tidak akan mendapatkan jaminan tersebut.
  • Untuk produk HP akan diberikan jaminan perangkat keras dan baterai selama 15 bulan, untuk charger dan aksesoris bawah ponsel selama 6 bulan, kemudian khusus produk Redmi Note 7 memiliki jaminan selama 18 bulan, Redmi 8 dan 8A garansinya selama 24 bulan, dan Redmi 9A dan 9C selama 24 bulan dengan ruang lingkup garansi adalah berupa ongkos kerja dan suku cadang.
  • Perlu adanya bukti-bukti yang dibutuhkan untuk klaim, yaitu seperti bukti pembelian, buku garansi, IMEI atau nomor seri.
  • Garansi dimulai saat sejak pertama kali barang diterima oleh pelanggan. Selama perangkat masih dalam masa garansi setiap kerusakan ponsel sesuai dengan ketentuan daftar kerusakan, maka biaya perbaikannya akan ditanggung pihak dari Xiaomi.
  • Daftar kerusakan ponsel atau tablet yang ditanggung pihak Xiaomi adalah kerusakan pada layar seperti tidak ada tampilan layar, ponsel atau tablet tidak hidup, tidak bisa melakukan panggilan atau mencatat panggilan, tidak bergetar atau berdering, perangkat mati secara tidak normal, kartu SIM memiliki koneksi yang buruk, volume suara smartphone tidak normal seperti tidak muncul suara, tombol perangkat rusak, dan atau karena perangkat layar retak karena faktor material dan struktur material.
  • Kerusakan lainnya pada charger, seperti baterai ponsel tidak dapat diisi, perangkat tidak dapat digunakan setelah diisi baterai, dan kabel data tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Itulah beberapa keuntungan wajib diketahui jika ingin mengajukan klaim pada smartphone Xioami yang rusak.

Setelah mengetahuinya, maka sekarang Anda perlu mengecek apakah smartphone masih memiliki masa garansi atau tidak. Untuk cek garansinya adalah seperti penjelasan selanjutnya berikut.

Cara Mengecek Garansi HP Xiaomi dengan Mudah

Cara Mengecek Garansi Hp Xiaomi Dengan Mudah

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan smartphone merk lainnya, untuk cek garansi ponsel Xiaomi maka Anda butuh nomor IMEI dari ponsel tersebut. Nomor IMEI Xiaomi ini bisa ditemukan pada kardus ponsel.

Silakan cek belakang kardus ponsel untuk menemukan nomor IMEI. Jika sudah mendapatkan IMEI-nya bisa langsung lakukan beberapa langkah berikut.

  • Bukakanlah situs https://buy.mi.co.id/id/registration
  • Setelah masuk ke situsnya tersebut, Anda dapat memasukkan nomor IMEI smartphone pada kolom yang tersedia memiliki tulisan Masukan Nomor IMEI.
  • Setelah memasukan nomornya dengan benar, silakan klik Langkah Selanjutnya.
  • Kemudian tunggu beberapa saat sampai situs ini memberikan hasilnya.
  • Situs akan memberikan informasi tentang masa garansi ponsel Anda, sehingga dapat mengetahui masanya masih berlaku atau sudah berakhir.

Itulah beberapa langkah mudah dapat dilakukan untuk mengecek masa garansinya. Ya, jika mengecek garansinya memang membutuhkan nomor IMEI, tapi bagaimana jika kardus smartphone hilang?

Tentang saja ada beberapa cara lain bisa dilakukan untuk cek IMEI smartphone.

Cara Cek IMEI Xiaomi

Memang IMEI biasanya sudah ada di kardus ponsel. Tapi bisa saja Anda lupa menaruh kardus atau bahkan kardus ponsel sudah hilang. Nah, jika memang demikian maka ada beberapa hal bisa dilakukan untuk cek IMEI Xiaomi.

Cara pertama bisa dilakukan untuk cek IMEI adalah dengan kode *#06#. Silakan ketikan format kode tersebut pada papan HP Xiaomi, lalu klik panggilan. Setelah itu tunggu sebentar saja sampai layar smartphone memunculkan nomor IMEI.

Anda juga bisa mengetahui nomor IMEI melalui menu setting atau pengaturan. Untuk cara cek IMEI juga mudah dilakukan.

  • Pertama silakan ke menu Pengaturan smartphone.
  • Carilah opsi tentang ponsel atau about phone.
  • Setelah itu carilah informasi tentang nomor IMEI.
  • Nantinya akan ada nomor IMEI yang Anda butuhkan.
  • Setelah menemukan nomor IMEI, silakan catatan nomor IMEI tersebut.
  • Lalu pergilah ke situs https://buy.mi.co.id/id/registration untuk melakukan pengecekan garansi smartphone.

Baca : Aplikasi Remote AC

Hal Membuat Garansi HP Xiaomi Tidak Berlaku

Hal Membuat Garansi Hp Xiaomi Tidak Berlaku

Tentunya ada beberapa hal membuat Anda tak dapat klaim garansinya. Beberapa hal menggagalkan klaim antara lain adalah produk yang dibeli di luar negeri tidak dapat klaim Xiaomi Indonesia.

Garansi tidak berlaku jika nomor serial, nomor IMEI, dan segel hilang atau rusak.

Pihak Xiaomi pun dapat menentukan suatu produk kehilangan garansinya karena beberapa hal, misalnya:

  • Pelanggaran terhadap persyaratan.
  • Membatalkan garansi.
  • Masa telah berakhir.
  • Karena saat masih dalam garansi terjadi pelanggaran dilakukan oleh pelanggan, seperti produk kemasukan air, memperbaiki produk sendiri, salah penggunaan, dan hal lainnya yang dapat menggagalkannya.

Perlu diketahui juga sebelum mengklaim ada baiknya semua data yang tersimpan pada smartphone sudah Anda backup. Sebab tidak bertanggungjawab jika pelanggan kehilangan data di smartphone selama masa perbaikan.

Itulah beberapa informasi penting jika ingin melakukan klaim jaminan. Tentunya sekarang sudah mengetahui cara cek garansi HP Xiaomi yang sudah admin berikan diatas.

Nah jika memang masih memiliki masa garansi, maka jika smartphone rusak sesuai dengan ketentuan, Anda bisa langsung saja ke service center Xiaomi yang dekat dengan wilayah tempat tinggal Anda.

Tentunya ada banyak service center yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan bisa untuk mengecek masa garansi HP Xiaomi Anda disana.

Tinggalkan komentar