Solo

Kota Surakarta juga disebut Solo atau Sala, adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, dengan penduduk 503.421 jiwa (2010) dan kepadatan 13.636/km2. Kota dengan luas 44 km2. Kota Solo berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur dan barat, dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan. Kota ini juga merupakan kota terbesar ketiga di Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung dan Malang menurut jumlah penduduk. Sisi timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo.

Kuliner khas Solo yang beraneka ragam menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kota ini. Terdapat Nasi Liwet, Gudeg Solo, Sate Kambing, Selat, Serabi dan masih banyak makanan menarik yang tentunya akan menggugah selera dapat dicicipi apabila mampir ke Solo. Selain kulinernya, para pecinta sejarah juga dapat mampir ke Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743. 

Solo pula dapat menjadi referensi lengkap berbelanja batik yang khas. Kampung Batik Laweyan adalah salah satu daerah wisata yang sengaja disediakan oleh pemerintah Kota Solo untuk mengundang para wisatawan asing dan domestik melihat-lihat batik. Y uk Mudik dan mampir ke Kota Solo, the spirit of Java yang penuh dengan hal-hal menarik!   

Kuliner Terkini
Oleh-oleh Terkini
Wisata Terkini