6 Emulator iOS Terbaik dan Paling Banyak Digunakan

Emulator iOS Terbaik – turtransjawa.id. Merasakan OS iOS kini sudah bisa dilakukan pada sistem operasi lain seperti Windows. Hal itu dapat terjadi dengan bantuan alat bernama emulator iOS.

Dengan menggunakan alat tersebut, kita dapat membuat OS iOS bekerja pada sistem operasi lainnya. Tujuan dari pembuatan emulator tersebut salah satunya adalah agar pengembang dapat menguji APK iOS pada perangkat PC Mac ataupun Windows.

Sampai saat ini, terdapat banyak sekali emulator iOS yang bisa coba Anda gunakan. Namun, mungkin emulator untuk sistem operasi iOS masih sangat terbatas jumlahnya.

Nah, bagi Anda yang ingin mencari tahu tentang emulator tersebut, langsung saja simak ulasan turtransjawa.id selengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Emulator Ios Terbaik

Penjelasan Tentang Emulator

Emulator merupakan sebuah alat yang dapat membuat suatu software khusus untuk satu sistem dapat digunakan ke berbagai macam sistem operasi lainnya.

Sebagai contoh, ada emulator iOS PS 2 yang memungkinkan kita untuk dapat memainkan permainan Play Station 2 di perangkat PC kita.

Cara-cara tersebut akan sangat berguna pada saat sistem asli dari perangkat sudah tidak kompatibel lagi dengan peralatan canggih saat ini.

Misalkan saja video game zaman dulu yang sudah tidak dapat lagi dihubungkan ke televisi modern karena sudah tidak mempunyai input digital.

Hal yang mungkin perlu diperhatikan di sini adalah kita dapat dengan mudah sekali menemukan berbagai macam emulator Android untuk perangkat PC, namun untuk iOS hal tersebut masih jarang.

Baca : Cara Menyembunyikan Aplikasi HP Xiaomi

Rekomendasi Emulator iOS

Nah, bagi Anda yang sedang mencari emulator iOS, pada bagian berikutnya akan diberikan rekomendasinya.

1. iPadian

Ipadian

Rekomendasi pertama adalah iPadian. Emulator ini termasuk salah satu yang terbaik untuk PC dengan sistem Windows. Menariknya lagi, iPadian ini juga bisa digunakan untuk perangkat smartphone juga.

Beberapa fitur menarik di dalam iPadian antara lain adalah tvOS, Siri, WatchOS, dan juga iMessage.

Sementara untuk tampilannya, iPadian mempunyai interface mirip seperti di iPad ataupun iPhone. Tampilannya juga terbilang cukup ramah sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh para penggunanya.

Untuk dapat menggunakan emulator ini, Anda bisa memanfaatkannya secara cuma-cuma alias gratis.

2. Appetize.io

Appetize.io

Berikutnya Anda juga bisa coba gunakan emulator bernama Appetize.io. Jenis yang kedua ini merupakan sebuah emulator online.

Oleh karena itulah, Appetize ini mempunyai cara penggunaan sangat mudah dibandingkan dengan jenis emulator yang lainnya.

Cara penggunaannya hanyalah dengan mengunjungi saja alamat website. Setelah itu, tinggal upload saja aplikasi ke dalam situs tersebut. Pada penggunaan 100 menit pertama, pengguna dapat memanfaatkan Appetize secara gratis.

Namun, untuk selanjutnya, dikenakan biaya 0,05 USD setiap menitnya.

3. TestFlight

Testflight

Rekomendasi berikutnya adalah aplikasi bernama Test Flight. Pada umumnya, Test Flight ini digunakan untuk melakukan test beta aplikasi dari iOS.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pengguna dapat melakukan beberapa tes aplikasi dari watchOS, iOS, tvOS, ataupun iMessage. Apabila Anda berniat ingin mencoba aplikasi tersebut, maka langsung saja mencarinya di App Store.

Satu hal yang mungkin bisa dikatakan sebagai kekurangan dari Test Flight ini adalah penggunaanya terbilang cukup rumit yakni harus terlebih dahulu membuat App Store Distribution Provisioning Profile.

Jadi, mungkin bagi orang awam akan merasa kesulitan.

4. Xcode

Xcode

Jika Anda mencari emulator iOS yang dapat digunakan di Mac, maka Xcode menjadi salah satu pilihan tepat. Produk Xcode ini merupakan salah satu produk resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan Apple.

Aplikasi ini biasa digunakan untuk developer software dari iOS, iPadOS, macOS, tvOS, dan juga watchOS. Secara keseluruhan, Xcode dapat dioperasikan dalam berbagai macam interaksi seperti rotasi layar, scroll layar, dan juga klik.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba aplikasi Xcode, maka langsung saja mengunduhnya di link berikut https://developer.apple.com/xcode/

5. Electric Mobile Studio

Electric Mobile Studio

Rekomendasi kelima adalah software bernama Electric Mobile Studio (EMS). Aplikasi EMS dapat digunakan secara berbayar di perangkat Windows. Namun, bagi yang ingin mencobanya secara gratis, terdapat free trial bagi pengguna selama 7 hari.

Di dalam software Electric Mobile Studio ini terdapat banyak sekali fitur bermanfaat terkait dengan emulasi di iPad, iPhone, ataupun responsive apps.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa digunakan dalam dua perangkat secara bersamaan, jadi terbilang sangat praktis untuk digunakan.

Electric Mobile Studio kerap kali dijadikan pilihan oleh pengembang terutama pada Windows 10. Hal itu karena aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan debugging tools chrome dan juga Web Kit.

Selain itu, software tersebut bisa juga terintegrasi dengan iOS lewat Microsoft Visual Studio.

Baca : Cara Memperkecil Ukuran Foto

6. Ripple

Ripple

Rekomendasi berikutnya ini bernama Ripple. Perbedaan Ripple dengan software yang sudah disebutkan sebelumnya adalah Ripple merupakan sebuah ekstensi Chrome.

Jadi, pengguna tidak harus menginstal secara langsung ke perangkat PC. Biasanya, alat ini digunakan dalam pengujian lalu lintas platform ataupun HTML5.

Kehadiran Ripple memang ditargetkan pada software WebWorks dan juga Phone Gap karena sudah dibekali dengan fitur Automated Testing, JS Debugging, serta HTML DOM Inspection.

Hal menarik dari software ini adalah pengguna dapat menggunakannya di resolusi layar berbeda. Jadi, kita tidak perlu melakukan restart Ripple saat digunakan pada perangkat baru.

Kurang lebih itulah tadi rekomendasi emulator iOS yang bisa Anda coba. Semua software di atas tentu memiliki kelebihan beserta kekurangannya masing-masing.

Untuk itu, Anda dapat memilih software yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan kehadiran alat-alat tersebut, para pengembang dapat menguji serta mengetahui kekurangan dan kelebihan dari aplikasi iOS yang sedang dibuatnya.

Tinggalkan komentar