Masjid Raya Al - A'zhom Tangerang
  • 4.8
  • (5)

http://masjidrayaal-azhom.blogspot.co.id/?m=1

  • Senin 04:30 - 19:30
  • Selasa 04:30 - 19:30
  • Rabu 04:30 - 19:30
  • Kamis 04:30 - 19:30
  • Jumat 04:30 - 19:30
  • Sabtu 04:30 - 19:30
  • Minggu 04:30 - 19:30

Ulasan
4.8
/5
5 Ulasan

Tulis Ulasan

Tempatnya Luas. Dan nyaman saya selalu mengajak mamaku saat sholat IdulFitri disana...semoga selalu Terawat khususnya Toilet wanita kemarin saat sholat ied kurang layak..agak kotor dan bau padahal biasanya bersih dan harum dgn pewangi..semoga bisa jd input tuk perbaikan ke depannya.. terima kasih
Masjid raya, sesuai dengan namanya, besar dan megah serta luas. Bersih, terawat, dgn akses disabilitas. Fasilitas arena bermain untuk anak2 jg tersedia di sini, jadi bisa tenang anak2 bermain sambil menunggu ortu ibadah. Sering diadakan berbagai event di kawasan masjid, terakhir ada festival ramadhan. Minus hanya sirkulasi udara. Entah knp saya kurang merasakan sejuk di dalam masjid, beda dgn masjid2 besar yg pernah saya kunjungi.
TANGERANG - Tersiar kabar Masjid Raya Al A'zhom di Jalan Satria Sudirman, Tangerang, memiliki kubah terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Tampak dari kejauhan kubah masjid tersebut mentereng megah. Masjid ini terletak di dalam kompleks Pemerintahan Kota Tangerang, Banten. Kubah utama masjid ini disangga empat kubah lainnya. Warna biru dan hijau muda mendominasi warna kubah. Tumpukan kubah tersebut memiliki diameter kurang lebih 63 meter. Masjid ini semakin cantik dengan empat menara setinggi kurang lebih 50 meter di tiap sudut. Di atas menara terdapat lampu pijar warna merah dan hijau. Bila malam hari, menara tersebut tampak hijau menyala. Halaman masjid tertata rapi. Di setiap sudut lahan parkir yang mengelilingi masjid berjejer tong sampah. Deretan pepohonan di halaman parkir membuat lingkungan masjid semakin rindang. Di dalamnya, kaligrafi Arab menghiasi dinding masjid. Terdapat tiga jam duduk yang terbuat dari kayu yang di tempatkan di dekat mimbar terbuat dari kayu yang posisinya tidak sejajar dengan imam namun sedikit menjorok ke belakang. Masjid ini dilengkapi dengan sejumlah ruang pendukung di antaranya ruang rapat pengurus, kantor, ruang perlengkapan, dan lainnya. Meski hanya terdapat satu alat pendingin udara, hawa di dalam masjid tidak terasa panas. Tinggi kubah dipercaya membuat udara mengalir segar. Atap berupa lima lekukan kubah berwarna kuning emas. Di dalam kubah bagian dalam terdapat tulisan ayat-ayat dalam surat Al-Baqarah, Al-An'am, Ali-Imron, An-Nahl, An-Nisa, An-Nur, dan At-Taubah. Di sisi kiri dan Kanan, terdapat tangga untuk ke lantai atas. Lantai tersebut tidak terlalu luas dibanding lantai dasar, hanya kurang lebih 900 meter persegi.
Merupakan mesjid terbesar di kota Tangerang. Berada persis di depan kantor walikota Tangerang. Mesjid ini memiliki desain kubah yg unik. Terdiri dari 1 kubah utama dan 4 penyangga. Lima kubah merupakan simbol 5 rukun Islam. Kubah utama memiliki diameter 63 m yg merupakan kubah terbesar di dunia. Masjid ini juga memiliki ruang galeri yg berisi koleksi buku keislaman dan juga terdapat display dengan desain yg modern. Pengunjung dapat membaca koleksi buku yg ada dan mendapatkan informasi tentang Islam dr display. Ruangan utama masjid terasa sangat luas karena tidak terdapat tiang penyangga. Saat bulan Ramadhan, tersedia takjil gratis bagi jamaah dan dihalaman masjid terdapat bazar. Sholat tarawih di masjid ini dilaksanakan 20 raka'at ditutup dengan 3 raka'at witir. Satu hal yg unik adalah di halaman masjid terdapat tong sampah khusus plastik dengan desain yg menarik. Tempat sampah ini diprakarsai oleh Dinas lingkungan hidup kota Tangerang. Terdapat slogan ajakan "Ayo bersedekah sampah". Semoga masyarakat semakin tereduksi untuk mulai memilah sampah sebelum di buang.
Pertama kali ke Masjid Taya Al-A'zhom. Kesan pertama takjub. Masjidnya luas dalamnya, denga unterior yang sangat artistik. Ditambah bentuk kubah yang unik, gak bakalan bosan memandang. Parkiran juga sangat luas, bahkan ada parkiran mobil bertingkatnya. Karena masih satu area dengan perkantoran, tak heran jika Masjid Raya ini selalu ramai dengan jamaah ya. Apalagi ketika datang sedanga ada pembukaan MTQ XVI. Oh ya, bagi yang ingin mandi disini sangat dipersilakan, dan lagi karena kamar mandi bersih dan terawat, juga airnya yang terasa segar ya.. Yang mau wudhu juga gak perlu antri panjang. Khususnya untuk para pria. Di area parkiran ada beberapa spot tempat wudhu. Yang mau minum air mineral segar ada didalam masjid. Dispenser dan gelas plastik dsediakan. Yang area taman juga ada kran air minum bersih. Buat yang sholat dan tidak bisa berdiri, tersedia kursi lipat untuk sholat duduk ya.. Terakhir, masjid ini didalamnya ada beberapa pilar, dan karena pilarnya disekitar pinggir, jadi cuma dibagian itu yang dipasang kipas angin gantung. Area tengah yang buat sholat tidal ada kipas angin / AC / blower. Siap2 pas sholat terutama saat berjamaah agak kepanasan.