Masjid Raya At Taqwa
  • 4.8
  • (5)

(0231) 232755

https://attaqwacirebon.com/

  • Senin Tutup
  • Selasa Tutup
  • Rabu Tutup
  • Kamis Tutup
  • Jumat Tutup
  • Sabtu Tutup
  • Minggu Tutup

Ulasan
4.8
/5
5 Ulasan

Tulis Ulasan

Tempatnya bersih terawat, paling rekomen banget sih datang ke sini saat bulan ramadhan, memang saat bulan ramadhan daerah sini itu rame bgt dan macet, tapi saat sudah sampai di masjidnya itu suasananya enak walaupun ramai, sholat disinipun nyaman, dan di at-taqwa ini ada kantinnya juga yang harganya sangat terjangkau,rasanya pun enak seperti makanan rumahan, dan kalau gamau makan dikantin di daerah lapangannyapun banyak tukang jualan seperti bakso, ketoprak dan lain lain, saat ramadhan pun disini ada pasar ramadhan di daerah tempat parkir, dan masjid at taqwa ini dekat dengan foodstreet jadi bagi yang sudah sholat dan kalian lapar, bisa makan di kantin disebelah gedung islamic centre, di daerah lapangan, ataupun di foodstreet:))
Masjid Raya Attaqwa terletak di sebelah alun alun kejaksan . Sangat ramai setiap hari apalagi hari libur. Tempat yang sangat religius dan nyaman untuk beribadah. Temoat masuk untuk jamaah wanita dan pria berbeda. Untuk pria di sebelah utara sedang wanita di sebelah selatan. Tempat wudhu sangat bersih, toiletnyapun bersih. Di sini jika mau berinfak atau bersodaqoh bisa lewat online loh,,, bisa lewat aplikasi gojek, ovo dan lainnya, jd yg ngga pegang uang cash tp punya e-money pun tetap bisa berinfak dan bersodaqoh.
Masjid yang berdiri sejak 1918 di Kejaksan Memiliki gaya arsitektur bangunan tropis dengan atap jurai serta dilengkapi dengan empat menara kecil (menaret) dan sebuah menara setinggi 65 meter. Namun kehadiran gerbang (gate) selebar 3 meter sebelum memasuki bangunan utama yang menjadi point of interest bangunan masjid memberi nilai tersendiri. Terdapat air minum dingin gratis untuk pria maupun wanita,tempatnya juga sangat sejuk dan teduh karena terdapat 10 pohon kurma di halaman samping masjid yang dekat dengan sisi jalan. Kehadiran dua kolam air mancur di sisi kanan dan kiri bagian depan mesjid, semakin melengkapi keindahannya. Luar area masjid banyak pedagang-pedagang maupun cafe yang beragam
Masjidnya bagus, halaman luas, parkiran juga luas, tempatnya bersih, berada di pinggir jalan utama jadi mudah dilihat saat jalan menggunakan motor maupun mobil, banyak yang jual d depan masjid menjadikan kita bisa sekalian wisata kuliner setelah melaksanakan ibadah di masjid... Namun pada saat malam hari seluruh akses ke dalam masjid d tutup pintunya dan dikunci bahkan toilet dan tempat wudhu pun juga dikunci, jadi pengunjung hanya bisa melaksanakan ibadah sholat diluar masjid atau di halaman masjid tidak bisa didalam masjid... Padahal alangkah baiknya jika dapat melaksanakan ibadah didalam masjid. Semoga kedepannya dapat menjalankan ibadah didalam masjid pada malam hari..
Masjid Raya at-Taqwa Kota Cirebon didirikan pada tahun 1918 di suatu kampung yang bernama Kejaksan, yang terdiri dari dua bagian, yang satu untuk dipergunakan sebagai Tajug Agung (Masjid At Taqwa sekarang) dan setengah bagian yang lain dipergunakan sebagai alun-alun (Alun-alun Kejaksan sekarang). Pada tahun ini juga Jalan RA. Kartini merupakan Jalan Kereta Api menuju ke Pelabuhan Cirebon yang kemudian dipindahkan ke Jalan KS Tubun. Nama masjid Raya At-Taqwa Cirebon, semula sebenarnya adalah Tajug Agung[butuh rujukan], bangunannya sudah cukup lama dan tua, ruangannya terlalu kecil dan letaknya kurang menghadap kiblat, kemudian R. M. Arhatha, kepala Koordinator Urusan Agama Cirebon mempunyai gagasan untuk merenovasi Tajug Agung itu di tempat yang lama dengan mengambil nama Masjid At-Taqwa, karena sudah ada masjid agung yang terletak di kasepuhan yang sekarang menjadi Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Seolah-olah pada waktu itu tidak dibenarkan dua nama yang sama pada dua masjid yang letaknya masih dalam satu kota, yaitu Tajug Agung dan Masjid Agung. Akhirnya pada tahun 1951 terwujudlah bangunan masjid tersebut dan diresmikan menjadi At Taqwa tahun 1963.